Rabu, 04 Juli 2012

MOS SMP Islam Terpadu Al Madaniyah


A.  PENDAHULUAN
Pendidikan adalah proses yang berlangsung seumur hidup ”long life education”. Di lingkungan pendidikan formal dikenal adanya jenjang pendidikan TK, SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi. Tiap jenjang pendidikan mempunyai ciri khusus (originality) yang membedakannya dengan jenjang pendidikan lainnya. Hal ini menyebabkan beberapa kebiasaan belajar yang berkembang di jenjang sebelumnya perlu ditinggalkan dan diganti dengan cara belajar yang baru sesuai dengan mental psikologis anak didik (new way of learning according to students' mental psychological). Untuk mengantar siswa ke jenjang pendidikan baru, perlu adanya suatu orientasi untuk siswa baru yang disebut Masa Orientasi Siswa Baru (New Student Orientation Period). MOS diadakan untuk menjembatani siswa baru mengenali berbagai kekhususan dari jenjang pendidikan barunya, baik berupa lingkungan fisik, lingkungan sosial maupun isi dan cara belajar yang berbeda dengan lingkungan pendidikan sebelumnya.
Di samping memperkenalkan lingkungan sosial (para guru, para tenaga kependidikan lainnya dan siswa senior), MOS juga ditujukan untuk memperkenalkan berbagai cara belajar yang baru (learn a new way).cleardot
Oleh sebab itu kegiatan dalam MOS berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang bertujuan memperkenalkan lingkungan, yaitu lingkungan fisik dan lingkungan masyarakat sekitarnya.

B.  DASAR HUKUM
1. Surat Dirjen Dikdasmen No. 5181/C/MN/1998 tanggal 12 Juni 1998 perihal kegiatan hari-hari pertama siswa baru SMP/SMA.
2. Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotawaringin Timur Nomor: 422.2/2305/Dikdas/ 2010 tanggal 8 Juni 2010, tentang Pedoman PPDB Kelas VII Tahun Pelajaran 2010/2011.

C.  SASARAN
Sasaran MOS adalah Siswa Kelas VII SMP Islam Terpadu Al Madaniyah Samuda dengan mengikutsertakan siswa Kelas 8, Guru, dan karyawan sekolah sebagai pembina atau pelaksana kegiatan MOS. Susunan kepanitiaan MOS : Download disini

D.  TUJUAN
1.    Tujuan Umum, ialah memberikan kesan yang positif dan menyenangkan kepada siswa baru tentang lingkungan sekolahnya yang dianggap baru.
2.    Tujuan Khusus:
a.       Membantu siswa mengenal lebih dekat lingkungan pendidikan SMP Islam Terpadu Al Madaniyah Samuda, sehingga tercipta suasana edukatif yang kondusif (create a conducive educational atmosphere).
b.      Mendorong siswa untuk bersikap proaktif  (proactive) dalam mengenali para guru, karyawan dan kakak-kakak kelasnya, sehingga ia bisa merasa lebih aman dan nyaman berada di sekolah.
c.       Membantu siswa kelas VII SMP Islam Terpadu Al Madaniyah Samuda agar mampu beradaptasi dan menyatu dengan warga sekolah, lingkungan sekolah, mengetahui hak dan kewajiban serta mampu bertanggung jawab dalam kehidupan bersekolah.

E.   HASIL YANG DIHARAPKAN
Dengan terselesainya kegiatan Masa Orientasi Siswa Baru (MOS) SMPN Islam Terpadu Al Madaniyah Samuda diharapkan siswa:
1.      Mengetahui, memahami dan dapat melakukan bagaimana cara belajar di SMP yang diajarkan oleh Guru Mata Pelajaran.
2.      Memahami, memaklumi. dan menaati Tata Tertib Siswa (sekolah) yang disusun berdasarkan kondisi lokal dan yang telah disepakati oleh semua warga sekolah.
3.      Dapat meningkatkan disiplin belajar dan bekerja keras untuk meraih cita-citanya.
4.      Meningkatkan kegiatan pembelajarannya sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan.
5.      Ikut melakukan/melaksanakan pembelajaran dengan aktif, rajin, dan kreatif.

F.    WAKTU PELAKSANAAN
Masa Orientasi Siswa Baru dilaksanakan selama 2 hari untuk Pra MOS dan 3 hari untuk MOS.  Yaitu pada tanggal 9 – 10 juli 2012 adalah Pra MOS dan tanggal 12 – 14 juli 2012 adalah MOS.

G.  TEMPAT
MOS dilaksanakan di lokasi SMP Islam Terpadu Al Madaniyah Samuda

H.  MATERI
1.         Pembukaan (Upacara Bendera) dan Ta’aruf Dewan Guru.
2.         Bimbingan Berwudhu dan Shalat Berjamaah
3.         Shalat Dhuha Berjamaah
4.         Wawasan Wiyata Mandala
5.         Tata Tertib dan Budi Pekerti Siswa
6.         Peraturan Lalu Lintas
7.         Program Belajar dan Cara Belajar Efektif
8.         Wawasan Lingkungan Sekolah
9.         Dinamika Kelompok
10.     Problem Solving
11.     Makhraj Huruf Versi UMMI
12.     Shalat Dzuhur Berjamaah dan Tausiyah
13.     Outbond
14.     Seni dan Kreasi
15.     Penutup (Pengukuhan)

I.     NARASUMBER/FASILITATOR
Narasumber/Fasilitator dan atau penyampai materi MOS adalah Dewan Guru SMP Islam Terpadu Al Madaniyah Samuda sbb:
A.       Asely Herman, BA
B.        H. Ahmad Marbawi
C.        Nanang Kasim, S.SosI, S.Pd
D.       Siti Fadiyatun Nikmah, S.Si
E.        Kurniadi Syahbana, S.Pd
F.         Budi Utomo, S.Pd
G.       Fitalosa Anggraini, S.Pd
H.       Fathur Ramadhan, S.Pd
I.          Desi Ekawati, S.Pd,Si
J.          Erwansyah, S.Pd
K.       Burhannuddin, S.Pd
L.        Ririn, S.Pd
M.      Ustad Fatah Al Hakim, S.E.I
N.       Dwi Sulistyantoko, S.Pd,Si

J.     PEMBIAYAAN
Kegiatan ini adalah bagian dari kegiatan siswa, maka kegiatan ini pembiayaannya dibantu oleh dana BOS SMP Islam Terpadu Al Madaniyah Samuda 2012. Anggaran dana kegiatan : Download Disini

K. PENUTUP.
            Program Kerja MOS ini merupakan panduan dan sekaligus pedoman agar memudahkan penyelenggaraan MOS, dengan mempertimbangkan kondisi dan situasi di SMP Islam Terpadu Al Madaniyah Samuda. Program ini akan lebih berarti apabila diikuti peran aktif dan kreatif semua unsur pelaksana. Penyelenggaraan MOS ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai modal awal pembinaan siswa memasuki dunia pendidikan yang baru untuk masa depan.
Akhirnya apabila ada kekurangan dan kelemahan dalam pelaksanaan MOS tahun pelajaran 2011-2012 atas nama panitia pelaksana mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kritik dan saran sangat kami harapkan untuk penyempurnaan penyelenggaraan MOS tahun berikutnya. Semoga upaya yang dilakukan seluruh unsur pelaksana dan pendukung MOS mendapatkan imbalan sebagai amal shaleh sebagai bekal kehidupan yang akan datang. Amin


0 comments:

Posting Komentar

Komentar Please...