Rabu, 23 Agustus 2023

AKSI NYATA REFLEKSI MANDIRI KESIAPAN SATUAN PENDIDIKAN



Deskripsi

Pelaksanaan proses refleksi mandiri d sekolah tempat saya bertugas melibatkan seluruh pemangku kepentingan, termasuk pendidik dan tenaga kependidikan. Secara bersama melakukan evaluasi dan refleksi isi dokumen kurikulum operasional satuan pendidikan. Kepala sekolah sebagai pemimpin dalam mengevaluasi dan merefleksi kegiatan ini. Bersama pendidik dan tenaga kependidikan berkolaborasi mengevaluasi dan merefleksi KOSP.

Tahapan kesiapan sekolah berdasarkan hasil refleksi adalah sebagai berikut.
1. Pendidik dan Tenaga kependidikan memahami terlebih dahulu tentang manfaat merancang KOSP
2. Memahami struktur kurikulum yang telah disediakan oleh kemdikbudristek
3. Merancang dan mengembangkan KOSP berdasarkan contoh dari kemdikbudristek
3. Merancang alur tujuan pembelajaran sesuai kebutuhan murid berdasarkan ATP yang telah disediakan kemdikbudristek
4. Merencankan kegiatan pembelajaran dan asesmen yang sesuai
5. Menggunakan dan membuat modul ajar yang sesuai dengan karakteristik sekolah.
6. Merancang kegiatan proyek profil pelajar pancasila

Dalam proses refleksi dapat membantu kesiapan satuan pendidikan dalam memulai tahun pelajaran 2023-2024 karena adanya saling berbagi dan kolaborasi antara pendidik dan tenaga kependidikan dalam menentukan tahapan kesiapan sekolah.


Refleksi

Banyak hal baru yang saya pelajari setelah melakukan aksi nyata ini diantaranya adalah betapa pentingnya berbagi dan berkolaborasi antara pendidik dan tenaga kependidikan dalam merancang dan menyusun rencana kurikulum operasional satuan pendidikan, Memahami struktur kurikulum merdeka yang ada di SMA, Memahami bagaimana membuat, memodifikasi, dan menganalisi CP ATP dan Asesmen pembelajaran.

Hal baru yang saya pelajari tentang kondisi satuan pendidikan tempat saya bertugas setelah melakukan proses refleksi adalah pentingnya melakukan asesmen diagnostik non kognitif sebelum melakukan kesiapan proses pembelajaran agar dapat merancang pembelajaran yang berdiferensiasi.

Tindak lanjut yang akan saya lakukan setelah melakukan aksi nyata ini adalah melakukan kesiapan untuk mengahdapi tahun pelajaran 2023-2024 yang sebentar lagi akan dimulai. Mempersiapkan CP ATP dan Modul Ajar yang akan digunakanan dalam proses pembelajaran. Melaksanakan Asesmen Diagnostik Non Kognitif pada saat Pra MPLS sehingga dapat melaksanakan proses pembelajaran berdiferensiasi.

Dokumen Lengkapnya bisa Bapak Ibu lihat DISINI

Semoga Bermanfaat
Salam dan Bahagia Ibu Bapak Guru Hebat

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Please...