Rabu, 23 Agustus 2023

AKSI NYATA TOPIK KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN



Deskripsi

1. Proses yang saya lakukan dalam membuat/memodifikasi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) adalah penentuan KKTP yang saya lakukan menggunakan deskripsi kriteria. Apabila murid mencapai kriteria pada tingkat Cakap dan Mahir, maka dinilai telah mencapai tujuan pembelajaran. Sementara, jika murid masih berada pada tingkat Baru berkembang dan Layak, maka dianggap belum mencapai tujuan pembelajaran.

2. Banyak perbedaan yang saya lakukan jika dibandingkan dengan pembuatan KKTP pada pembelajaran sebelumnya. Sebelumnya di kurikulum 2013, yang saya gunakan adalah kriteria ketuntasan minimun (KKM). Dalam KKM yang diperhatikan adalah nilai murid saja. Sedangkan pada Kurikulum Merdeka, KKTP yang saya gunakan menggunakan deskripsi dengan penilaian observasi.

Refleksi

1. Hal yang telah saya pelajari dari proses membuat/memodifikasi KKTP adalah bagaimana menilai murid menggunakan deskripsi penilaian, mengobservasi kemampuan murid selama proses pembelajaran.

2. Pengalaman aksi nyata ini mengubah diri saya tentang bagaimana cara menilai kemampuan murid pada materi yang dipelajari. Dulu sebelum KKTP, saya menilai murid hanya melalui nilai dari LK yang mereka kerjakan saja. Saat ini saya melakukan penilaian selama proses pembelajaran berlangkung, penilaian formatif sangat membantu saya mendapatkan kemampuan murid berdasarkan kebutuhan belajar mereka.

3. Setelah melakukan aksi nyata ini, saya mengelompokkan murid berdasarkan hasil KKTP. Murid yang berada pada tingkat baru berkembang dan layak akan mendapatkan materi remedial, sedangkan pada murid dengan tingkat Cakap dan mahir akan mempelajari materi pada tujuan selanjutnya.

Dokumen lengkap Aksi Nyata ini bisa di klik DISINI

Semoga bermanfaat
Salam dan Bahagia Ibu dan Bapak Guru Hebat

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Please...