Senin, 18 Februari 2013

APA SIH ARTIKEL ?

Apa sih artikel ?
Kenapa pula harus buat Artikel ?

Ini adalah pertanyaan yang muncul ketika ikut In Servis Training (IST) PTK DikDas di ruang Lab. IPA YPI Al Madaniyah Samuda. Sudah dijelaskan panjang lebar tata cara penulisan artikel oleh pemateri, malah di kasih contoh juga kata-katanya. Tapi tetep aja sampe rumah bingung. Bingung nyari kata-kata pertamanya. Bingung nyari judulnya. Pokoknya serba bingung. Sebulan, dua bulan telah lewat. Tagihan artikel dan PTK ditunggu, sekarang di kejar-kejar. Akhirnya mau ga mau ya harus buat. ^_^

Bulan ketiga dengan terpaksa akhirnya jadi juga artikel yang diminta, ini judul artikel pertama saya, "Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Ba A Be (Bingo Ant Ball) Class.
Setelah menyelesaikan artikel ini, ko sekarang jadi kecanduan pengen buat artikel lagi nih. Haha... ;)

Nah, sekarang artikel itu apa sih?
Menurut mbah Wikipedia, artikel itu merupakan sebuah halaman yang berisi informasi-informasi seperti layaknya yang ada di ensiklopedia ato almanak yang merujuk pada bagan-bagan, daftar-daftar, rentang waktu, dan tabel.

Emangnya yang bukan artikel itu yang seperti apa?
Nah, kata mbah Wikipedia lagi nih, yang bukan artikel itu, seperti artikel tentang diri Anda atau organisasi tempat Anda bekerja, tempat tinggal Anda, kelompok musik Anda yang hanya menjual segelintir album, bahasa atau kepercayaan buatan Anda dan teman-teman Anda, film buatan Anda yang tidak pernah Anda perlihatkan kepada khalayak umum, artikel how-to atau bagaiman cara melakukan sesuatu, judul artikel yang berupa pertanyaan, dan lain-lain.

Wah, banyak banget yang bukan termasuk artikel. Lalu jenis tulisan yang layak dimasukkan ke dalam sebuah ensiklopedia seperti apa ?
Jadi kata mbah Wikipedia, jenis tulisan yang layak itu yang seperti (i). topik-topik ensiklopedis umum, seperti ilmu pengetahuan, sejarah, geografi, dan lain-lain, (ii). Orang atau Tokoh dari berbagai jenis pekerjaan, (iii). Lokasi geografis dan negara terkenal, serta pembagian administrasinya, (iv). Karakter fiksi yang memenuhi syarat kelayakan, (v). karya dalam segala jenis media, (vi). Perusahaan dan Organisasi yang memenuhi unsur kelayakan, (vii). Sarana transportasi, (viii). Peristiwa terkini yang besar, (ix). dan artikel-artikel lainnya yang bertopik khusus.

Kenapa sih ko dari tadi kata mbah Wikipedia terus?
He.. ^_^ ya emang sumber bacaan saya dari beliau...
Kalo mau lebih lengkap buka saja di Mbah Wiki
Thanks a Lot
Salam Ukhuwah ^_^

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Please...