Sabtu, 06 April 2013

TANDA SILANG MERAH PADA ICON BATERAI TOSHIBA

Tiga hari yang lalu tiba-tiba laptop Toshiba saya yang berseri Satellite L745 pada icon baterainya terdapat silang merah. (Deg.... bakalan harus ganti baterai nih... ). H2C alias Harap-harap Cemas sambil menunggu Suami pulang... kan ganti baterai harganya mahal ya. Laptop saya menggunakan Windows 7. Kurang lebih 2 tahun pemakaian.. (sssttt...kreditnya baru lunas bulan Agustus 2013 lho.. :p).
Suami saya langsung tanya Mbah Google eh ketemu. Ternyata banyak yang bernasib sama kayak laptop saya. Bagi sebagian orang hal seperti ini dianggap bug. Hal seperti ini akan muncul pada system Windows 7 yang menandakan bahwa Baterai Laptop Anda harus segera diganti. Hah... begitu ya. Kan sayang ya, masih bisa dipake ko... kecuali klo sudah rusak parah, biasanya baru deh diganti yang baru.

Nah, bagi sobat yang kebetulan laptopnya memiliki kejadian yang persis seperti kami, bisa lakukan beberapa  hal berikut. Caranya gampang ko, asal mau mencobanya.. he ;)

Pertama, Charge baterai sampai penuh 100% setelah itu matikan laptop Anda.
Kedua, hidupkan laptop Anda lalu tekan F8 berkali-kali sampai muncul Advance Boot Options. Lalu pilih Safe Mode.
Ketiga, Setelah masuk Windows Safe Mode, cabut baterai laptop.
Keempat, biarkan saja laptop menyala sampai mati sendiri. Diamkan saja sekitar 2 jam, agar lebih yakin baterai laptop sudah benar-benar kosong alias tak berdaya. Sangat disarankan untuk tidak mengoperasikan laptop Anda selama proses ini.
Kelima, setelah laptop mati, kembali pasang charger laptop, lalu nyalakan laptop dengan normal.
Keenam, perhatikan notifikasi dan tanda silang merah pada icon laptop Anda.

Catatan:
Jika percobaan pertama belum berhasil, Anda bisa mencobanya kembali. Karna saya pun saat pertama kali mencobanya gagal dan setelah saya coba lagi, Alhamdulillah berhasil. So, ga perlu beli baterai.

Semoga Bermanfaat ^_^

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Please...