Selasa, 20 September 2022

Refleksi - Praktik Pembelajaran Ke-2 PPG Daljab 2022 Kategori 1

S.F.Nikmah.2022 - Praktik Pengalaman Lapangan pada Pembelajaran Ke-2 merupakan serangkaian kegiatan yang diprogramkan bagi peserta PPG 2022 setelah melaksanakan praktik pengalaman lapangan pada pembelejaran ke-1, membuat rekaman video menerapkan pembelajaran di kelas menggunakan perangkat pembelajaran rencana aksi 2 yang telah dibuat sebelumnya, mengunggah video full pembelajaran di kelas di channel youtube peserta dan menautkan link-nya di LMS yang telah disediakan. Kemudian kami diberikan waktu untuk mengedit video pembelajaran tersebut menjadi 15 menit dan hasilnya di unggah kembali di channel youtube peserta.

Saya melakukan kegiatan PPL di sekolah tempat saya bertugas, yaitu SMA Swasta Bina Bangsa-01. Kegiatan PPL ini dilakukan secara luring atau tatap muka dengan peserta didik kelas XI IPA 1.

Pada pelaksanaan PPL 2 ini, saya merancang pembelajaran menggunakan model project Based Learning dengan melalui pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics). Selain itu, berharap peserta didik akan terlatih pula berpikir kritis dan kreatif dalam memberikan pendapatnya baik tulisan maupun lisan.

Adapun manfaat dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Memungkinkan peserta didik menjadi aktif untuk terlibat dalam pembelajara
  2. Mengembangkan potensi guru dalam membuat perencanaan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran
  3. Memperoleh pengalaman tentang keterampilan praktik dalam proses pembelajaran

Pelaksanaan PPL 2 ini berlangsung selama dua pekan yaitu mulai tanggal 08 September sampai dengan 28 September 2022, dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Swasta Bina Bangsa-01 tahun pelajaran 2022/2023. Pelaksanaan PPL ini dimulai dengan mengembangkan perangkat yang akan digunakan untuk kegiatan pembelajaran kemudian ada sesi review yang dilakukan oleh Dosen dan Guru Pamong.

Pada PPL 2 ini saya melakukan dua kali pembelajaran tatap muka di kelas. Pada pertemuan pertama, saya tidak melakukan perekaman video. Di pertemuan pertama ini saya melaksanakan 4 sintak pertama pada PJBL, yaitu melakukan penentuan masalah, mencari sumber belajar, pembagian tugas tiap-tiap kelompok, menyiapkan alat dan bahan, menyusun jadwal penyelesaian proyek, mencari informasi, dan merancang langkah-langkah penyelesaian proyek. Kemudian setiap kelompok setelah mendapatkan informasi mengenai proyek yang akan diselesaikan, mereka menyelesaikan langkah-langkah penentuan nilai optimum di luar jam pelajaran.

Di pertemuan kedua, saya melakukan perekaman video yang akan diunggah pada LMS baik yang full maupun yang telah diedit dengan durasi 15 menit. Dipertemuan kedua, setiap kelompok melakukan uji hasi dan membuat laporan proyek menggunakan Canva. Setiap kelompok mempresentasikan hasil proyeknya di depan kelas.

Data hasil praktik pembelajaran ke-2 menunjukkan rata-rata nilai post test adalah 77,71, dengan nilai tertinggi adalah 100 dan nilai teredah adalah 27. Hal ini menunjukkan bahwa hasil peserta didik menunjukkan peningkatan dari praktik pembelajaran ke-1. Tabel di bawah ini menujukkan persentase peningkatan antara aksi 1 dengan aksi 2.

Tabel 1. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Aksi I dan Aksi II

No

Jenis Penilaian

Rata-rata Nilai

Peningkatan (%)

Aksi I ke Aksi II

Aksi I

Aksi II

1

Pengetahuan

62,26

77,71

15,45

2

Keterampilan

70,72

79,87

9,15

Jumlah

132,98

157,58

24,6



Ada beberapa kendala dalam pelakasanaan praktik pembelajaran ke-2, yaitu:

  1. Listrik sempat padam beberapa saat, sehingga proyektor mati sebentar saat kelompok presentasi
  2. Hanya ada 4 kelompok yang sempat mempresentasikan proyeknya.
  3. Waktu pembelajaran lebih 10 menit.
  4. Banyak menghabiskan waktu di apersepsi, yaitu saat mengingatkan materi prasyarat.

Sedangkan rencana perbaikan yang akan saya lakukan pada praktik pembelajaran di kelas adalah

  1. Melakukan Pra Pembelajaran mengenai materi prasyarat dan memastikan seluruh peserta didik melaksanakan dengan mengkonfirmasi melalui WA group dan WA pribadi.
  2. Memastikan peserta didik telah melaksanakan proyek sehingga pada saat pertemuan, guru dan peserta didik bisa menguji hasilnya dan membuat kesimpulan.
  3. Memperhatikan waktu pelaksanaan untuk setiap segmen.

Demikian refleksi praktik pembelajaran ke-2. Harapannya pada praktik pembelajaran di kelas nanti, proses pembelajaran berlangsung sesuai dan tujuan tercapai, serta hasil belajar peserta didik meningkat.

Untuk RPP pada Praktik Pembelajaran Ke-2 ini, bisa dilihat di https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-matematika-umum-kelas-xi/

Kemudian Video pelaksanaan praktik bisa dilihat pada Video berikut ini



Semoga sharing ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan Guru di Nusantara.

Salam Ibu Bapak Guru Hebat

Siti Fadiyatun Nikmah, S.Si
Sampit, 20 September 2022






1 comments:

Balawang Baigal BinSon mengatakan...

Wahhhhh keren Bu, terimakasih sudah berbagi dan menginspirasi

Posting Komentar

Komentar Please...