Rabu, 06 November 2013

GEBYAR MUHARRAM 1435 H SMP IT AL MADANIYAH SAMUDA

Khalifah Umar bin Al Khaththab ra. telah menetapkan perhitungan tahun Islam yang sangat populer disebut "Tahun Hijriyah". Sebab tahun pertamanya ditetapkan mulai hijrahnya Rasulullah Saw dari kota Makkah ke kota Madinah yaitu pada tahun 622 Masehi.

Adapun tujuan Kalifah Umar ra. memilihh peristiwa hijrah Rasulullah Saw. dari Makkah ke Madinah sebagai momentum yang paling tepat untuk menentukan awal tahun Islam, karena peristiwa tersebut mengandung makna yang sangat penting bagi umat Islam khususnya dan bagi umat manusia pada umumnya.

Kita juga diperintahkan berhijrah sebagaimana Rasulullah Saw. diperintahkan berhijrah. Hanya saja hijrah yang harus kita lakukan sekarang ini adalah hijrah qalbiyah, yakni berusaha memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri. Yaitu berusaha supaya masa depan kita lebih baik. Hendaklah hari ini lebih baik dari hari kemaren dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.

Peristiwa hijrah Rasulullah Saw. kita jadikan sebagai promoter atau pendorong untuk melakukan hijrah dari kemaksiatan menuju ketaatan, dari kemusyrikan menuju ketauhidan, dari kebodohan menuju kemajuan, dan dari kemiskinan menuju kecukupan.

Berangkat dari pemahaman terhadap latar belakang sejarah dari ditetapkannya tahun Islam atau Tahun Baru Islam pada tanggal 1 bulan Muharram perlu diselenggarakan satu acara untuk memperingatinya.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal, khusunya SMP Islam Terpadu Al Madaniyah menyelenggarakan Gebyar Muharram yang berdasarkan Program kerja OSIS masa bakhti 2013-2014.

Penyelenggaraan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap Islam dan mengapresiasikan nilai-nilai keislaman.

Adapun tema kegiatan dari Gebyar Muharram ini adalah "Menjadikan Peringatan Tahun Baru Islam Sebgai Semangat Baru Untuk Perubahan Kemajuan Masa Depan Yang Gemilang"

Bentuk kegiatan berupa Lomba-lomab di antaranya:
1. Kreativitas Kelas
2. Debat Bahasa Indonesia
3. Pidato 3 Bahasa
4. Tahfidz
5. Tartil
6. Cerdas Cermat Agama
7. Bazar Makanan
8. Pengajian Muharram

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Please...