Minggu, 04 Juni 2023

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA KEWIRAUSAHAAN

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa projek penguatan profil pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengalami, mengamati, dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar.

Melalui projek, setiap murid diharapkan dapat memaknai dan memberikan dampak pada lingkungan terdekat melalui disiplin ilmu yang sudah mereka pelajari. Salah satu tema projek yang dapat diambil adalah kewirausahaan.

Tujuan kewirausahaan adalah

1. Mengidentifikasi potensi ekonomi

2. Masalah yang ada dalam pengembangan potensi ekonomi tersebut

3. Dampak pada aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat


Ada beberapa manfaat yang didapat oleh murid dengan mempelajari tema kewirausahaan ini, yaitu:

1. Merancang strategi untuk meningkatkan potensi ekonomi lokal dalam rangka pembangunan berkelanjutan

2. Terlibat dalam kegiatan ekonomi rumah tangga, berkreasi untuk menghasilkan karya bernilai jual. Kemudian murid melakukan analisis dan refleksi hasil kegiatan mereka.

3. Menimbulkan dan meningkatkan kreativitas dan budaya kewirausahaan.

Murid mampu membuka wawasan tentang peluang masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, serta dapat menjadi problem solver yang terampil, dan mereka dapat berkontribusi dalam kemajuan perekonomian di lingkungan sekitarnya.

Tema projek ini dapat mendukung penguatan profil pelajar pancasila, karena murid menjadi kreatif, bernalar kritis dan mandiri dalam menentukan topik kewirausahaan apa yang bisa mereka kembangkan dalam projek. Murid dapat melakukan projek bersama-sama dan bergotong-royong, juga melibatkan mitra lain dalam proses pengerjaannya. Dengan menyasar pada produk yang ada di daerah masing-masing, memunculkan karakter berakhlak mulia dengan memikirkan projek demi kelangsungan dan memajuka perekonomian rakyat atau daerah tersebut. Ini merupakan cerminan dimensi keraifan lokal.

Setiap satuan pendidikan dapat mengangkat isu yang berbeda-beda sesuai dengan keadaan lingkungan sekitarnya. Contoh di Sumatra Barat, makanan dan minuman menjadi komoditi utama masyarakat setempat sehingga sauan pendidikan dapat mengambil tema kewirausahaan dalam bidang kuliner. Dengan ini, murid berpotensi untuk belajar memajukan potensi ekonomi di lingkungannya melalui usaha kuliner, Topik: "Yuk, berwirausaha memajukan kuliner daerah kita!"

Pada SD fase A, aktivitas masih sederhana, yaitu dengan mengenali potensi produk makanan daerahnya melalui rasa, bentuk, tampilan dan kemasannya yang bisa dijadikan kekuatan atau ketertarikan orang untuk membeli makanan dan minuman lokal tersebut. Murid dapat mengatur dan merencanakan tampilan produk-produk makanan lokal tersebut dengna cara dan hasil observasi murid sebelumnya terhadap produk mekanan lokal tersebut.

Pada SD fase B, aktivitas kegiatan pemungutan dana melalui kegiatan seni dan acara amal, murid bisa membuat acara amal berupa penjualan makanan dan minuman lokal diiringi oleh pementasan seni sederhana untuk menggalang dana kemanusiaan. Pengisi acara akan melibatkan pelaku UKM olahan makanan dan minuman. Aktivitasnya, perencanaan sebuah pementasan seni. Mulai dengan memikirkan dan merencanakan apa yang akan ditampilkan, dan bagaimana cara membuat orang-orang hadir dan mau mengumpulkan dana untuk tujuan dari acara tersebut.

Pada SD fase C, aktivitas membuat rancangan panduan pembuatan catatan keuangan. Aktivitas pada fase ini bertujuan untuk melatih kompetensi murid untuk menentukan tujuan keuangan mereka secara sederhana.

Pada SMP fase D, aktivitas membuat olahan produk makanan dari hasi bumi daerah. Aktivitasnya dengan membuat produk olahan makanan kekinian dengan memanfaatkan hasil bumi Sumatra Barat seperti kelapa sawit, kakao atau hasil perikanan. Bisa memikirkan produk baru, kemasan yang baik untuk produk atau cara promosi produknya dengan menggunakan media sosial.

Pada SMA/SMK fase E/F, aktivitas observasi bagaimana koperasi menjadi jalan untuk meningkatkan kesejahteraan pencapatan bagi anggota. Contoh aktivitasnya berupa: bagi masyarakat sekolah secara khusus dan masyarakat umum secara luas. 

Demikianlah projek tema kewirausahaan, semoga kita sebagai guru dapat mengembangkan tema projek ini menjadi lebih beragam dan menyenangkan bagi murid.

Selamat Berprojek Ibu bapak Guru.

Salam dan Bahagia

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Please...