Jumat, 26 Mei 2023

AKSI NYATA PENYESUAIAN PEMBELAJARAN DENGAN KEBUTUHAN DAN KARAKTERISTIK MURID

 MENGINTIP DUNIA MELALUI POJOK LITERASI

Bersama dengan murid di kelas, kami sepakat untuk Area yang kami pilih untuk pusat literasi saat ini adalah di pojok kelas sebagai tempat pojok literasi. Karena saat ini hanya tempat tersebut kami lebih leluasa menata dan mendesain sedemikian rupa sehingga menghasilkan pojok literasi yang menyenangkan

Beberap hal yang perlu kami perhatikan dalam membuat area kaya teks di dalam kelas adalah area yang kosong sehingga bisa didesain sebagai pojok literasi, kemudian dekat dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik.

Dalam proses pembuatan area kaya teks, kami menggunakan beberapa karya siswa sebagai hiasan, membuat poster-poster mengenai literasi, menata buku-buku umum sebagai sumber literatur lain, tata tertib, dan jadwal piket.

Dalam proses pembuatan area kaya teks, hal baru yang saya dapatkan adalah dalam pembuatan area kaya teks harus melibatkan murid sehingga mereka menjadi bersemangat.



Kendala saya adalah minimnya buku-buku teks yang tersedia.

Lingkungan area kaya teks di dalam kelas dapat menguatkan program literasi di kelas adalah dengan memajang karya-karya yang dibuat murid dan guru.


Rekan-rekan Guru bisa melihat Aksi Nyata selngkapnya disini.

Semoga Bermanfaat ^_^

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Please...