Rabu, 31 Mei 2023

APA ITU PROGRAM GURU PENGGERAK ?


Program Guru Penggerak (PGP) bertujuan menciptakan pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Tentunya untuk menjadi seorang Guru Penggerak harus melalui seleksi terlebih dahulu melalui akun SIMPKB rekan-rekan guru.

Kenapa Mengikuti Guru Penggerak ?

Kita ketahui bersama bahwa perkembangan zaman terjadi begitu pesat, sehingga dunia pendidikan pun harus mengikuti perkembangan tersebut. Sebagai seorang guru, tentunya harus mampu beradaptasi dan membawakan pengajaran sesuai dengan zamannya. 

Sesuai dengan pesan Ali bin Abu Thalib: "Didiklah anak sesuai dengan zamannya karena mereka hidup pada zamannya, bukan pada zamanmu"

Maka dari itu, seorang Guru harus terus belajar agar dapat mendampingi murid secara utuh dan menyeluruh, serta menghantarkan murid kepada masa depan mereka dengan bahagia. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti Program Guru Penggerak yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Program ini menciptakan Guru yang dapat:
1. mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi, dan kolaborasi secara mandiri
2. memiliki kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik
3. merencanakan, menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua
4. berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan murid
5. mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar sekolah.

Seorang Guru Penggerak diharapkan menjadi katalis pendidikan di daerahnya dengan cara:
1. menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya
2. menjadi pengajar praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah
3. mendorong peningkatan kepemimpina murid di sekolah
4. membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
5. menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah

Seorang Guru Penggerak adalah guru-guru yang telah terpilih dari seluruh penjuru Indonesia yang telah lulus dari Program Pendidikan Guru Penggerak.

CGP angkatan 9, Penulis doakan semoga berhasil dan sukses menyelesaikan PGP nya tahun ini. Adapun SK Pengumuman Tahap 2 CGP Angkatan 9 bisa di unduh DISINI 

Terus dan Tetap Berkarya ^_^

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Please...