Rabu, 23 Agustus 2023

AKSI NYATA KEYAKINAN KELAS



Deskripsi

Dasar/alasan membuat keyakinan kelas adalah untuk menumbuhkan disiplin positif dalam diri pribadi murid dengan membuat kesepakatan bersama mengenai hal apa saja yang diperlukan dalam kelas agar kelas menjadi aman, nyaman, dan damai.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat keyakinan kelas diantaranya:
1. melibatkan seluruh murid
2. guru memimpin diskusi
3. melakukan umpan balik
4. evaluasi dan membuat kesepakatan bersama

Cara/proses membuat keyakinan kelas:
1. murid untuk menuliskan sendiri keyakinan yang mereka inginkan di papan tulis
2. guru bersama murid mengulas bersama hasil keyakinan kelas
3. hasil tulisan keyakinan kelas yang ditulis murid di kelompokkan dalam beberapa kategori
4. mengubah keyakinan kelas menjadi kalimat positif
5. mengecek kembali dan membuat kesepakatan hasil keyakinan kelas
6. membuat poster keyakinan kelas

Cara mendapatkan umpan balik dari murid dari hasil keyakinan kelas adalah dengan memberikan form lembar umpan balik kepada murid.

Dampak yang diharapkan dari membuat keyakinan kelas ini adalah tumbuhnya kesadaran dalam diri murid untuk melaksanakan keyakinan sesuai dengan karakter positif tanpa perlu dipaksakan lagi.

Refleksi

Saya senang dapat melakukan aksi nyata ini bersama murid dan murid merasa dihargai karena telah melibatkan mereka dalam semua prosesnya.

Kendala/tantangan yang dihadapi dalam melaksanakan aksi nyata ini adalah pertama, keyakinan kelas ini adalah hal baru bagi murid, selama ini mereka hanya taunya tata tertib yang telah dibuat oleh sekolah dan terpaksa dilaksanakan. Kedua, keyakinan kelas yang dibuat ini adalah hal pertama yang mereka lakukan, sehingga guru harus menjelaskan secara detail agar mereka memahami maksud dari pembuatan keyakinan kelas ini.

Hal baru yang saya dapatkan dalam aksi nyata ini adalah pembuatan keyakinan kelas itu sendiri, ini adalah hal pertama dan baru saya lakukan.

Dampak bagi Saya dan murid dari keyakinan kelas ini adalah murid jadi lebih sadar akan kesepakatan kelasnya dan terciptanya komunikasi segala arah antara Guru dan murid.

Dokumen Selengkapnya bisa bapak ibu lihat DISINI

Semoga Bermanfaat
Salam dan Bahagia Ibu dan Bapak Guru Hebat

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Please...