Refleksi Diri Mengenai Pemikiran Ki Hajar Dewantara
Reflektif
Kritis
Pendidikan dan pengajaran adalah suatu kesatuan
dan tidak dapat dipisahkan. Pengajaran adalah bagian dari pendidikan.
Pengajaran merupakan upaya dalam proses pendidikan untuk memberikan ilmu yang
bermanfaat bagi murid untuk membantu pemenuhan kebutuhannya baik secara lahir
maupun batin. Sedangkan pendidikan merupakan upaya untuk menuntun murid sesuai
dengan kodrat yang dimilikinya untuk menuju keselamatan dan kebahagian baik
sebagai seorang individu maupun sebagai anggota masyarakat yang beradab.
Setiap murid memiliki hak yang sama untuk
mendapatkan pendidikan dan pengajaran sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki
oleh setiap murid. Para murid memiliki kemampuan dan kodrat yang beragam, oleh
karena itu pendidik harus menuntun para murid sesuai dengan karakteristiknya
masing-masing sehingga para murid dapat menuju zamannya dengan selamat dan
bahagia. Setiap murid bebas
mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya dan mengasah skill atau
keterampilannya sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari yang
dihadapinya.
Ki Hajar Dewantara sangat progresif memberikan
pemikirannya terhadap dunia pendidikan dan pemikiran tersebut tentunya masih
sangat relevan dengan pendidikan di Indonesia hingga saat ini dan dilingkungan
sekolah kami pada khususnya. Ki Hajar Dewantara menyampaikan bahwa pendidikan
dan pengajaran yang dilakukan di sekolah harusnya sesuai dengan kodrat alam dan
kodrat zamannya para murid. Pendidik menuntun murid sesuai dengan keadaan alam
lingkungan para murid tumbuh dan berkembang. Pendidik juga harus menuntun para
murid sesuai dengan zaman kehidupannya. Pendidikan saat ini juga berfokus pada
peningkatan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, pengembangan
karakter yang mandiri, kritis, kreatif, gotong royong, dan berkebhinekaan
global sebagai bekal kecakapan dalam abad-21.
Saya sebagai seorang pendidik saat ini sedang berupaya untuk mewujudkan pemikiran Ki Hajar Dewantara, yaitu mendidik dan mengajar sesuai dengan kodrat yang ada dalam diri para murid. Mengembangkan pembelajaran bermakna, menyenangkan, dan menciptakan kelas yang aman dan nyaman bagi murid untuk belajar. Sampai saat ini saya masih terus belajar dan berupaya memperbaiki diri agar dapat menjadi teladan, mengembangkan ide atau gagasan terbaik yang saya miliki, dan selalu dapat menemani proses pendidikan murid secara utuh dan menyeluruh serta memberikan motivasi dan dukungan bagi murid untuk terus belajar dan mengasah kompetensi yang dimiliki.
Harapan dan Ekspektasi
Setelah mempelajari modul ini, harapannya saya
sebagai pendidik dapat menerapkan sistem pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam
pendidikan dan pengajaran secara menyeluruh. Sehingga dapat mendidik dan
mengajar dengan merdeka dan menyenangkan.
Saya juga memiliki harapan kepada para murid
agar mereka dapat belajar secara merdeka tanpa ada lagi tekanan, mengembangkan
potensi dalam dirinya secara optimal, dan selalu menndapatkan pembelajaran yang
bermakna.
Adapun kegiatan yang saya harapkan dalam modul
ini adalah kegiatan yang kolaborasi aktif dan bermakna sehingga memberikan
pengalaman yang berharga bagi saya. Sedangkan materi yang saya harapkan adalah
materi-materi yang dapat saya pahami dan dapat saya aplikasikan dalam
pendidikan dan pengajaran. Dan terakhir manfaat yang saya harapkan setelah
mempelajari modul ini adalah dapat memahami dan menerapkan pemikiran-pemikiran
Ki Hajar Dewantara dalam kehidupan nyata.
0 comments:
Posting Komentar
Komentar Please...