Kamis, 24 Agustus 2023

MULAI DARI DIRI - Modul 1.1


Refleksi Diri Mengenai Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Reflektif Kritis

Pendidikan dan pengajaran adalah suatu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan. Pengajaran adalah bagian dari pendidikan. Pengajaran merupakan upaya dalam proses pendidikan untuk memberikan ilmu yang bermanfaat bagi murid untuk membantu pemenuhan kebutuhannya baik secara lahir maupun batin. Sedangkan pendidikan merupakan upaya untuk menuntun murid sesuai dengan kodrat yang dimilikinya untuk menuju keselamatan dan kebahagian baik sebagai seorang individu maupun sebagai anggota masyarakat yang beradab.

Setiap murid memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki oleh setiap murid. Para murid memiliki kemampuan dan kodrat yang beragam, oleh karena itu pendidik harus menuntun para murid sesuai dengan karakteristiknya masing-masing sehingga para murid dapat menuju zamannya dengan selamat dan bahagia. Setiap murid bebas mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya dan mengasah skill atau keterampilannya sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari yang dihadapinya.

Ki Hajar Dewantara sangat progresif memberikan pemikirannya terhadap dunia pendidikan dan pemikiran tersebut tentunya masih sangat relevan dengan pendidikan di Indonesia hingga saat ini dan dilingkungan sekolah kami pada khususnya. Ki Hajar Dewantara menyampaikan bahwa pendidikan dan pengajaran yang dilakukan di sekolah harusnya sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya para murid. Pendidik menuntun murid sesuai dengan keadaan alam lingkungan para murid tumbuh dan berkembang. Pendidik juga harus menuntun para murid sesuai dengan zaman kehidupannya. Pendidikan saat ini juga berfokus pada peningkatan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, pengembangan karakter yang mandiri, kritis, kreatif, gotong royong, dan berkebhinekaan global sebagai bekal kecakapan dalam abad-21.

Saya sebagai seorang pendidik saat ini sedang berupaya untuk mewujudkan pemikiran Ki Hajar Dewantara, yaitu mendidik dan mengajar sesuai dengan kodrat yang ada dalam diri para murid. Mengembangkan pembelajaran bermakna, menyenangkan, dan menciptakan kelas yang aman dan nyaman bagi murid untuk belajar. Sampai saat ini saya masih terus belajar dan berupaya memperbaiki diri agar dapat menjadi teladan, mengembangkan ide atau gagasan terbaik yang saya miliki, dan selalu dapat menemani proses pendidikan murid secara utuh dan menyeluruh serta memberikan motivasi dan dukungan bagi murid untuk terus belajar dan mengasah kompetensi yang dimiliki.


Harapan dan Ekspektasi

Setelah mempelajari modul ini, harapannya saya sebagai pendidik dapat menerapkan sistem pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam pendidikan dan pengajaran secara menyeluruh. Sehingga dapat mendidik dan mengajar dengan merdeka dan menyenangkan.

Saya juga memiliki harapan kepada para murid agar mereka dapat belajar secara merdeka tanpa ada lagi tekanan, mengembangkan potensi dalam dirinya secara optimal, dan selalu menndapatkan pembelajaran yang bermakna.

Adapun kegiatan yang saya harapkan dalam modul ini adalah kegiatan yang kolaborasi aktif dan bermakna sehingga memberikan pengalaman yang berharga bagi saya. Sedangkan materi yang saya harapkan adalah materi-materi yang dapat saya pahami dan dapat saya aplikasikan dalam pendidikan dan pengajaran. Dan terakhir manfaat yang saya harapkan setelah mempelajari modul ini adalah dapat memahami dan menerapkan pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam kehidupan nyata.

 

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Please...