Kamis, 24 Agustus 2023

Potret Pendidikan Indonesia sejak Zaman Kolonial Hingga Kini

 

Salam dan Bahagia Ibu dan Bapak Guru Hebat


Pada program pendidikan guru penggerak angkatan 9, dalam modul 1.1 mengenai Eksplorasi Konsep tentang potret pendidikan Indonesia sejak zaman kolonial hingga kini, telah disampaikan melalui video dan kami para CGP diminta untuk menyimak video tersebut.

gambar: wikipedia.org

Selanjutnya kami akan membuat refleksi diri terhadap perjalanan Pendidikan Indonesia sebelum Kemerdekaan dan membandingkannya dengan kondisi pendidikan saat ini pada konteks sekolah dengan panduan pertanyaan sebagai berikut.

  1. Apa bagian yang paling menarik bagi saya ? mengapa ?
  2. Apa tujuan pendidikan yang dapat dilihat dari video ini pada zaman Kolonial?
  3. Apa persamaan dan perbedaan antara proses pembelajaran pada zaman Kolonial dengan proses pembelajaran saat ini ?
gambar: kompas.com


Adapun hasil refleksi saya adalah sebagai berikut.
  1. Hal menarik adalah saat para Bupati mulai memikirkan pendidikan walau peruntukannya masih terbatas hanya bagi para calon pegawai, karena inilah yang menjadi titik balik bagi bangsa Indonesia untuk mendapatkan pendidikan, membebaskan diri dari buta aksara dan ilmu pengetahuan.
  2. Tujuan pendidikan pada zaman kolonial hanya untuk kepentingan pemerintah Hindia belanda, seperti di awal pendirian sekolah, pada tahun 1845, pendidikan yang hanya diperuntukkan bagi calon pegawai, kemudian sekolah Bumiputra yang terbatas hanya punya 3 kelas diperuntukkan bagi para pembantu yang mendukung usaha dagang mereka.
  3. Persamaannya adalah sama-sama memperoleh pengajaran cara membaca, menulis, dan berhitung. Sedangkan perbedaannya adalah pada zaman kolonial Belanda pendidikan dibatasi dan bertujuan untuk kepentingan usaha mereka saja, sedangkan pendidikan saat ini merdeka untuk seluruh rakyat Indonesia dan sesuai dengan tuntunan perkembangan zaman.

Demikian refleksi yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.
Salam dan Bahagia

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Please...