Aksi Nyata - Penerapan
Modul 1.1
Penerapan Pemikiran
Ki Hadjar Dewantara
Setiap anak
memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda, mereka berhak mendapatkan
pendidikan dan pengajaran sesuai dengan kodrat keadaannya. Anak-anak merdeka
untuk berinovasi dan mengekspresikan diri untuk mencapai kebahagian dan keselamatan.
Sehingga, pendidik harus mampu mencipatkan suasana pembelelajaran yang berpusat
pada murid (students center), aman, nyaman, dan menyenangkan. Pendidik sebagai
penuntun, selalu membimbing anak-anak agar memiliki watak dan budi pekerti yang
baik.
Perasaan selama
melakukan perubahan
Saya sangat bahagia
ketika dapat melakukan perubahan-perubahan menjadi lebih baik dalam pembelajaran
di kelas matematika. Saya sangat bersyukur diberi kesempatan untuk belajar di
kelas PGP ini, sehingga dapat memperbaiki miskonsepsi yang terjadi sebelumnya
terkait pendidikan dan pengajaran di kelas yang saya ampu. Bahagia menyaksikan
proses pembelajaran murid yang aktif bertanya baik dengan guru maupun
berdiskusi dengan teman kelompoknya. Kelas saya tidak lagi hening, tetapi semua
murid disibukkan dengan aktivitas pembelajaran, sehingga saya menjadi lebih
bersemangat untuk melakukan perubahan lainnya dan terus melakukan perbaikan
dalam proses pembelajaran di kelas agar menjadi pembelajaran yang bermakna.
Ide atau gagasan
yang timbul sepanjang proses perubahan
Sepanjang proses
perubahan yang saya lakukan, beberapa ide perubahan timbul sebagai bentuk
perbaikan dalam pertemuan pembelajaran selanjutnya. Seperti ide untuk mencari
berbagai bentuk permainan (ice breaking) sebelum melakukan proses
pembelajaran agar murid-murid bersemangat. Membuat daftar sarana dan prasarana
yang akan digunakan sebelum proses pembelajaran berlangsung agar tidak ada
peralatan yang terlupakan.
Pembelajaran dan
pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik beserta dokumentasi
Salah satu penerapan pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang saya lakukan di kelas saat ini adalah pembelajaran berdiferensiasi yang berpusat pada murid (students center), dengan kegiatan sebagai berikut.
1. Merencanakan pembelajaran
Testimoni
Guru
Murid
Tantangan dan Solusi
Selama melakukan proses perubahan di kelas, ada beberapa tantangan yang saya hadapi, diantaranya adalah
1. Signal data yang lemah dan belum tersedianya wifi sekolah. Berharap sekolah segera memasang Wifi yang dapat diakses pada proses pembelajaran.
2. Jumlah murid dalam 1 kelas melebihi 40 murid, sehingga suara saya kurang mampu mengatasi riuhnya kelas. Untuk mengatasi hal ini, saya perlu teknik agar saat berbicara, murid dapat fokus mendengarkan. Dan berharap sekolah menyediakan speaker kecil untuk setiap kelas yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran
3. Proses pembelajaran memerlukan waktu yang cukup lama. Sebelum pembelajaran di kelas dimulai, saya memberikan pra tatap muka di rumah melalui aplikasi edpuzzle dan mengirimkan video materi yang akan di diskusikan pada pembelajaran di kelas. Sehingga pada saat dikelas, murid lebih cepat dapat mengetahui hal yang ingin dia ketahui lebih mendalam.
0 comments:
Posting Komentar
Komentar Please...