Minggu, 03 September 2023

MEMAHAMI CARA KERJA OTAK, KEBUTUHAN DASAR MANUSIA, TAHAP TUMBUH KEMBANG ANAK BESERTA PENGARUHNYA PADA PEMBENTUKAN KEBIASAAN DAN NILAI- NILAI HIDUP MANUSIA SERTA NILAI-NILAI YANG PERLU DIKUATKAN SEBAGAI GURU PENGGERAK

MEMAHAMI CARA KERJA OTAK, KEBUTUHAN DASAR MANUSIA, TAHAP TUMBUH KEMBANG ANAK BESERTA PENGARUHNYA PADA PEMBENTUKAN KEBIASAAN DAN NILAI- NILAI HIDUP MANUSIA SERTA NILAI-NILAI YANG PERLU DIKUATKAN SEBAGAI GURU PENGGERAK



Bagaimana Bapak/Ibu memahami cara kerja otak, 5 kebutuhan dasar manusia, tahap tumbuh-kembang anak berserta pengaruhnya pada pembentukan kebiasaan dan nilai-nilai hidup manusia? Mengapa demikian? 

Cara Kerja Otak

Otak bekerja dengan 2 sistem berpikir, yaitu berpikir cepat (otak reptil dan mamalia) dan berpikir lambat (otak primata dan otak luhur manusia). Kedua sistem ini harus seimbang karena mempengaruhi perilaku manusia. Sistem berpikir cepat tidak memerlukan energi yang besar, karena bekerja pada alam bawah sadar. Sedangkan sistem berpikir lambat merupakan cara berpikir pada tingkatan yang lebih kompleks sehingga memerlukan energi yang besar. 


Manusia memiliki 5 kebutuhan dasar yaitu 



1. kebutuhan bertahan hidup (Survival), kebutuhan yang bersifat fisiologis untuk bertahan hidup

2. kebutuhan untuk diterima ( Love and belonging), kebutuhan psikologis seperti rasa diterima, dipedulikan, berbagi, berkerjasama, berkelompok, mengasihi dan menyayangi.

3. kebebasan (freedom), kebutuhan untuk mandiri, otonom, memilih, dan mengendalikan arahnya sendiri

4. kesenangan (fun), kebutuhan mencari kesenangan humor, bermain, antusias, dan tertawa. Kebutuhan ini dihubungkan dengan belajar

5. kekuasaan/ penguasaan (power). Berhubungan dengan kekuatan seseorang untuk mencapai sesuatu

Jika dari 5 ini ada yang tidak terpenuhi dikhawatirkan akan menimbulkan tindakan- tindakan dan perbuatan yang akan berlawanan dengan norma yang ada. 


Tumbuh kembang anak terbagi menjadi beberapa tahapan, yaitu 



1. Tahap 1(0-1,5 tahun), anak menumbuhkan harapan dan mengembangkan rasa percaya saat mendapat kasih sayang, kelembutan, dan kepedulian.

2 Tahap 2 (1,5-3 tahun), anak menumbuhkan tekad dan kehendak mereka saat disediakan kesempatan untuk mengembangkan kontrol diri serta kemandirian.

3. Tahap 3(3-5tahun), masa awal anak bersekolah. Anak mengeksplorasi maksud dan tujuan kehidupan.

4. Tahap 4 (5-12 thn), anak menumbuhkan rasa kompeten atas pencapaian mereka.

5. Tahap 5 ( 12-18 thn) → usia remaja, karakteristik anak pada usia ini adalah labil dan galau. Sedang mencari dan menebalkan identitas mereka

6. Tahap 6 (18-40thn) → masa dewasa muda, mengeksplorasi hubungan relasi yang sifatnya pribadi.


Menurut Bapak/Ibu nilai-nilai apa yang perlu dikuatkan sebagai guru penggerak? Mengapa demikian?

Nilai- nilai yang perlu dikuatkan sebagai guru penggerak.

Mampu mendorong diri untuk kreatif dan mandiri serta reflektif sebagai evaluasi diri menuju perbaikan. Menjadi teladan bagi murid, berkolaborasi dengan rekan guru dan komunitas. Inovatif Dalam menemukan ide atau gagasan dan memotivasi diri untuk selalu meningkatkan kompetensi dan berbagi dengan rekan guru.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat


Salam Bahagia

Siti Fadiyatun Nikmah,S.Si.Gr.

CGP Angkatan 9 Kab. Kotawaringin Timur

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Please...