Selasa, 05 September 2023

PENGUATAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

1.2.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2

1. Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik ?

2. Apa saja 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru) ?



 

Salah satu nilai-nilai GP yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik adalah nilai "Mandiri". Saya berusaha meningkatkan kompetensi yang ada dalam diri saya dengan mengikuti berbagai pelatihan secara mandiri, seperti menyelesaikan pelatihan mandiri di PMM, mengikuti workshop secara online, dan kegiatan lainnya yang mendukung tugas saya sebagai seorang guru. Sehingga akhirnya saya dapat menghadirkan pembelajaran bermakna yang berpusat pada murid dan menlayani murid dengan sungguh-sungguh.

10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru) adalah

1. Budaya 5 S di sekolah (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)

2. Menyambut kedatangan murid dan mengantar kepulangan murid di gerbang sekolah oleh guru piket

3. Berkolaborasi dengan seluruh rekan guru

4. Upacara bendera setiap senin

5. Piket gotong royong sebelum pulang sekolah

6. Apel siang sebelum pulang sekolah

7. SPL (Senam dan Kerja Bakti, Pramuka, Literasi) setiap Jumat pagi

8. Ekstrakurikuler yang beragam

9. Mengikti pelatihan peningkatan kompetensi (Pelatihan PMM, MGMP, workshop, dll)

10. Pembelajaran kontekstual dan P5


Demikian nilai-nilai GP yang dominan di diri saya dan 10 kegiatan di sekolah yang telah berjalan saat ini.

Mohon saran dan tanggapan Ibi/Bapak Hebat

Salam Bahagia


Siti Fadiyatun Nikmah, S.Si.Gr

CGP Angkatan 9


0 comments:

Posting Komentar

Komentar Please...